RSS

Beberapa Cara Mendekatkan Diri Kepada ALLAH SWT

15 Mei

1. Sholat wajib tepat waktu, selalu berdoa dan berdzikir kepada Allah
Dengan sholat, berdo’a dan dzikir kepada Allah, Inya Allah hati menjadi tenang, damai dan makin dekat dengan-Nya
2. Sholat tahajud
Dengan sholat tahajud Insya Allah cenderung mendapatkan perasaan tenang. Hal ini dimungkinkan karena di tengah kesunyian malam didapatkan kondisi keheningan dan ketenangan suasana,yang tentu saja semua itu hanya dapat terjadi atas izin-Nya. Pada malam hari, diri ini tidak lagi disibukkan dengan urusan pekerjaan ataupun urusan-urusan duniawi lainnya sehingga dapat lebih khusyu saat menghadap kepada-Nya.
3. Mengingat kematian yang dapat datang setiap saat
Kematian sebenarnya sangat dekat, lebih dekat dari urat leher kita. Dan dapat secepat kilat menjemput.
4. Membayangkan tidur di dalam kubur
Membayangkan tidur dalam kuburan yang sempit , gelap dan sunyi saat kita mati nanti. Semoga amal ibadah kita selama di dunia ini dapat menemani kita di alam kubur nanti.
5. Membayangkan kedahsyatan siksa neraka
Azab Allah sangat pedih bagi yang tidak menjauhi larangan-Nya dan tidak mengikuti perintah-Nya.. Ya Allah jauhkanlah kami dari siksa neraka-Mu, karena kami sangat takut akan siksa neraka-Mu.Ya Allah bimbinglah kami agar dapat memanfaatkan sisa hidup kami untuk selalu dijalan-Mu.……
6. Membayangkan surga-Nya
Kesenangan duniawi hanya bersifat sementara, sangat singkat dibanding dengan kenikmatan di akhirat yang tidak dibatasi waktu.Semoga kita dapat selalu mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dan Insya Allah diizinkan untuk meraih Surga-Nya. Amin…..
7a. Mengikuti tausyiah atau mengikuti pengajian secara rutin seminggu satu kali (minimal), dua kali atau lebih. Insya Allah… dengan mendengar tausyiah atau mengikuti pengajian, akan meningkatkan keimanan karena selalu diingatkan kembali utk selalu dekat kpd Allah SWT. Perlu dicatat, dikarenakan iman bisa turun atau naik, maka harus dijaga agar iman tetap stabil pada keadaan tinggi/ kuat dengan mengikuti tausyiah, pengajian dsb.
7b. Bergaul dengan orang-orang sholeh
Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa tingkat keimanan kita bisa turun atau naik, untuk itu perlu dijaga agar tingkat keimanan kita tetap tinggi. Berada pada lingkungan kondusif dimana orang-orangnya dekat dengan Allah SWT, Insya Allah juga akan membawa kita untuk makin dekat kepada-Nya.
8. Membaca Al Qur’an dan maknanya (arti dari setiap ayat yang dibaca)
Insya Allah dengan membaca Al Qur’an dan maknanya, akan menjadikan kita makin dekat dengan-Nya.
9. Menambah pengetahuan keislaman dengan berbagai cara, antara lain dengan : membaca buku, membaca di internet (tentang pengetahuan Islam, artikel Islam, tausyiah dsb), melihat video Islami yang dapat meningkatkan keimanan kita.
10. Merasakan kebesaran Allah SWT, atas semua ciptaan-Nya seperti Alam Semesta (jagad raya yang tidak berbatas) beserta semua isinya.
11. Merenung atas semua kejadian alam yang terjadi di sekeliling kita (tsunami, gunung meletus, gempa dsb). Dimana semua itu mungkin berupa ujian keimanan, peringatan, atau teguran bagi kita agar kita selalu ingat kepada-Nya/ mengikuti perintah-Nya. Bukan makin tersesat ke perbuatan maksiat atau perbuatan lain yang dilarang oleh-Nya. Ya Allah kami mohon bimbingan-Mu agar kami dapat selalu introspeksi atas semua kesalahan yang kami perbuat, meninggalkan larangan-Mu dan kembali ke jalan-Mu ya Allah.
12. Mensyukuri begitu besar nikmat yang sudah diberikan oleh Allah SWT
Jangan selalu melihat ke atas, lihatlah orang lain yang lebih susah. Begitu banyak nikmat yang diberikan oleh-Nya.Saat ini kita masih bisa bernafas, masih bisa makan, bisa minum, masih mempunyai keluarga, masih mempunyai apa yang kita miliki saat ini,masih mempunyai panca indera mata, hidung, telinga dan…masih bisa bernafas (masih diberi kesempatan hidup). Masih pantaskah kita tidak bersyukur dan tidak berterimakasih pada-Nya.
Oleh : hamba Allah

About these ads
 
60 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 15, 2008 in internet

 

Tag: , , , , , , , , ,

60 responses to “Beberapa Cara Mendekatkan Diri Kepada ALLAH SWT

  1. toba

    Mei 22, 2008 at 10:03 am

    Pertema, dan paling penting, tutup 11 poin di bawah poin nomer satu (1). Itu dulu, cukup. :D

     
  2. nyurian

    Mei 22, 2008 at 4:23 pm

    bener banget ba. mantabh… :D juga

     
  3. reekoheek

    Mei 23, 2008 at 9:21 pm

    gw ga brani bilang gitu ba…
    klu memang mendekatkan diri pada Allah cukup dengan sholat, doa, dan zikir… lha…brarti Kanjeng2 Sunan Walisongo, Masyaikh, Imam2 salah dong…

    Kan mereka ga cuma ngajarin solat, doa dan zikir…. :P

     
    • adi kurniawan

      Agustus 11, 2010 at 3:33 am

      udah bro gak usah mikir yang jauh” banget yang terpntng kita jalani aja apa yg terbaik…..

       
    • chandra

      Desember 24, 2010 at 1:48 am

      iya bro untuk orang awam itu sudah baik

       
      • nyurian

        Januari 17, 2011 at 11:14 am

        minimal bai, udah cukup :)

         
    • Taufiq Nur

      Juni 24, 2012 at 1:54 pm

      percaya firman allah swt itulah salah satunya dan takutlah kepada allah…

       
  4. Aves

    Mei 26, 2008 at 1:45 am

    Nes, kan ada kata “itu Dulu”. Kalo udah bisa ya lanjutlah, Gituh bukan ba?

     
  5. abdul aziz

    Mei 26, 2008 at 3:54 am

    It’s goog idea….

     
  6. DitzZ

    Mei 27, 2008 at 8:46 am

    wow. beginian di blognya NYURIAN.

    shalat Jum’at taun 2008 ini udah brapa kali, nyur?

     
  7. wiwin

    Oktober 24, 2008 at 9:34 am

    mudah2an semua saran2 di atas bisa membuat saya lebih dekat pada Allah SWT Amien……

     
  8. herie

    Maret 9, 2009 at 6:19 pm

    amien…

     
  9. wahyu

    Juni 9, 2009 at 2:21 pm

    menurut saya itu semua bener mudah2an Allah SWT mengampuni dosa2 kita dan memberi Ridhanya AMIN….Ya Allah!!

     
  10. gundul

    Juni 13, 2009 at 7:33 am

    ya mudah-mudahan Q-ta semua di beri ampunan oleh Alloh Subhanahu Wata’ala.Amiin…..

     
  11. mas

    Oktober 15, 2009 at 12:57 pm

    akaanku simpan artikel ini buat persediaan bagi menghadapi sakaratulmaut nanti.,

     
  12. nurdiansyah

    November 28, 2009 at 3:13 pm

    mudah mudahan aku mendekat kepada allah

    amin

     
  13. Aa

    Desember 14, 2009 at 8:01 pm

    Bguz sich, cma lbih pnjelasan yg sjelaz2nya.. Biar qta bza lebih tau, n’ lbih cpat tobAtnya..!

     
  14. adi kurniawan

    Agustus 11, 2010 at 3:30 am

    mudah” an kita semua bisa lebih mendekat kan diri kepada Allah,,,, dan di curah kan rahmat kepada kita semua

     
  15. chandrapurnama

    September 2, 2010 at 7:40 pm

    alhamdullilah ,,,, hati sejuk tenang tentram,,, bila selalu mngingat mu ya allah…

     
  16. eda

    Oktober 8, 2010 at 5:48 pm

    alhamdulillah…puji syukur atas nikmat yg kau berikan kepadaku ya Allah,,,dan hatiku semakin tenang saat aku dkt dengan Mu ya Rabbi…

     
  17. kinaryo

    Oktober 19, 2010 at 10:02 pm

    terimakasih, mudah-mudah Allah swt meridhoi usaha kita … yang berusaha. Amiin

     
    • kinaryo

      Juni 19, 2011 at 12:39 am

      mas kinaryo….. aku kinaryo

       
  18. nisaofah@yahoo.com

    November 21, 2010 at 8:24 am

    menurut sya cra meningat allah cukup dengan memnintnya satiap wktu tberusaha menjalankan perintahnya dan menjauhi laranganya ???????????

     
  19. Lutfi

    Desember 13, 2010 at 11:11 am

    Maksih infox, sangat bermanfaat…………

     
    • nyurian

      Januari 17, 2011 at 11:14 am

      pastinya bro!!!

       
  20. Eko

    Januari 16, 2011 at 6:41 pm

    Trima kasih
    Smoga aq bs menghilangkan menghilangkan rasa malas ini..

     
    • nyurian

      Januari 17, 2011 at 11:09 am

      malas itu penyakit hati. jadi emang musti diberantas. “celakalah orang yang malas” :D

       
  21. Erlindawati.AN

    Januari 17, 2011 at 10:06 pm

    tulisannya bagus enak dimengerti

     
  22. nyurian

    Januari 18, 2011 at 8:50 am

    makasih. mari kita memperbanyak tulisan.. :mrgreen:

     
  23. CatatanHatiKu

    Maret 1, 2011 at 2:31 pm

    Subhanallaaah…. v,v I’m so far from our God..
    All of my want… make me blind… T_T

     
  24. ferdiansyah

    April 19, 2011 at 10:25 am

    yang perlu di tambah,,
    berbakti Kepada orang tua, nd mendekatkan diri kepada sesama…

     
  25. fachris Arriffuddin

    Juni 29, 2011 at 3:35 pm

    terima kasih atas semua yang telah dicantumkan. semoga mampu memberi kesadaran bagi setiap orang yang membacanya.AMin Ya Rabb……

     
  26. Erick Bdkcisademm

    Juli 14, 2011 at 9:55 pm

    makasih, maknanya sangat di mengerti,,,,
    mudah” an saya bisa melawan rasa malas ini,,…
    amien Y allah

     
  27. Cheap

    Agustus 22, 2011 at 1:49 pm

    perlu dipraktekan ini tipsnya agar kita lebih dekat kepada Allah.

     
  28. محمد يدرس افندئ

    Desember 5, 2011 at 8:53 pm

    Artikel diatas mantap banget buat aku, aku pengen dekatkan diri kepada Allah agar aku selamat duania akhirat..
    شكرا كتيرا

     
  29. achmad arifin

    Desember 14, 2011 at 4:09 pm

    bagaimana klau umpamax q mElakuKan kesalahan keMudiAn bertaubat mlkukan slah, tobat lgi dan strusnya, apakah taubat q akan diterima

     
  30. Gadis Putih

    Desember 16, 2011 at 11:55 am

    semoga ALLAH sentiasa memberi petunjuk kpd diri sy supaya tdk terleka dgn keindahan duniawi semata-mata

     
  31. eva

    Januari 3, 2012 at 8:02 am

    Artikel nya bagus sekali, apa ada artikel2 lain yg bisa menambah keimanan kita kpd Allah ?

     
  32. MjAYL

    Januari 4, 2012 at 12:59 pm

    Hidup memang penuh dengan cobaan, mari kta lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. Dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segal larangannya.
    Smga kta diberi anugrah atas segala cbaan yang kta terima dari Allah SWT

     
  33. Ryvanz Java Store

    Januari 15, 2012 at 10:52 pm

    tobat itu memang susah godaannya sangat banyak,,,sadar bentar gitu lagi…smpai prustasi saya…ampuni hamba ya alloh!

     
  34. Muhammadwaldy

    Februari 10, 2012 at 10:48 am

    Sebelum kita mati yuks kita berbuat baik/ memberikan kebaikan kepada orang lain,

     
  35. sidik nuryusupiandi

    Maret 1, 2012 at 9:23 pm

    maaf cara ini teh ngerjainnya gimana,,, harus sekaligus???? apa satu satu

     
  36. Dea Anggia Andriani

    Maret 24, 2012 at 4:02 pm

    semoga hmba mnjadi slah seorang yg sllu taat pada-Mu
    dan smga hamba dan org” yg mnjadi umat-Mu sllu dekat dgn-Mu^^ :)

     
  37. Ayu

    Mei 20, 2012 at 10:31 pm

    maav ap mua it rus d jlnkan breng* ??@ ap stu pr stu ??@ treams

     
  38. Joe

    Juni 3, 2012 at 3:34 pm

    Terimakasih, info yang sangat bermanfaat

     
  39. Joe

    Juni 3, 2012 at 3:44 pm

    Terimakasih,artikel yang bagus dan sangat bermanfaat

     
  40. Joe

    Juni 3, 2012 at 3:47 pm

    Terimakasih untuk infonya

     
  41. endyts pieterszoon

    Juni 5, 2012 at 9:18 am

    ikhlas dg smua kenyataan…

     
  42. GUNDUL

    Juni 21, 2012 at 11:43 am

    terima kasih saya akan mencobanya

     
  43. Salsabila putri

    Juni 21, 2012 at 10:40 pm

    Setuju bgt., mksh byk ats informasiny.,
    Semoga semua umat islam yg membaca info ini semakin kuat iman ny dn bertambah taqwaNya kpd Alloh SWT., dn yg ksh info mdpt pahala yg berlimpah drNya.,Amiin 3x.,

     
  44. Meicy

    Juli 3, 2012 at 7:58 pm

    Bener bener bermanfaat iniiii

     
  45. UPE

    Juli 15, 2012 at 1:27 pm

    MOGA KITA SEMUA DIBERIKAN HIDAYAH SAMA ALLAH SWT AGAR KITA BISA LEBIH DEKAT DENGAN

    YAH ALLAH AMPUNILAH DOSA HAMBAMU YANG HINA INI,MATIKANLAH KAMI YA ALLAH DALAM KEADAAN BERTAUBAT…AMIIN

    SALAM PERSAUDARAAN DARIKU.

     
  46. rhegall

    Juli 19, 2012 at 3:49 pm

    makasih atas infonya sob. .

     
  47. sastra

    September 28, 2012 at 1:43 am

    ass.mau tanya nih,,,,kalu kita sholat jarang2 tapi kita beramal soleh gimana tu..ada yang bilang amal kita itu gak diterima kalu kita jarang sholat.tolong dengan hadist dan surat apa di alquran…makasih..wassalam.

     
  48. ivan

    Oktober 1, 2012 at 1:42 pm

    Alhamdulillah

     
  49. laila

    Oktober 11, 2012 at 7:36 am

    sila layari blog GENTA RASA, seorang yang sangat santai dan cendikiawan, wallahu a’lam.

     
  50. TRIARA

    Oktober 15, 2012 at 9:25 pm

    sedikit;;;;;;;;;;;;;;; PERBAIKI DULU IBADAH KITA BARU RASAKAN DEKATNYA;;;;;;;;;;;;;

     
  51. wahyudi

    Oktober 27, 2012 at 11:00 pm

    semoga kita semua selalu ingat ALLAH…Amiinnn..

     
  52. ADILA

    Desember 3, 2012 at 8:38 am

    SESUNGGUHNYA,AKU TELAH REBAH DALAM UJIAN YANG MENIMPA.. TANGISAN DAN SENDU MENGIRINGI AKU,ATAS KESILAPAN SENDIRI,,,AQ TERPAKSA MENERIMA TAKDIR..KERANA KASIH SAYANG YANG DULU DICURAHKAN KEPADAKU,SEKELIP MATA BERTUKAR MENJADI DENDAM DAN BENCI KEPADAKU…AQ MENANGIS DAN MENANGIS…INIKAH BALASAN UNTUKKU YANG HINA DIPANDANGAN TUHANKU..

     
  53. dina

    Agustus 13, 2013 at 8:58 pm

    subahanaallah

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: