RSS

The Money

11 Okt

the judgement day has come.

the leader asking me about “The Money”

i must return “The Money” to my brother Rp.70.000.000,-

daylight is working time, night is time to sleep.

dosa guwe terkuak semuanya. menangis dan mengeluh tidak berguna lagi sekarang. jedotin kepala ke dinding mungkin dapat memberikan kenikmatan sesaat.

guwe dengan tanpa ijin yang punya duit menggunakan duit itu sesuai dengan keinginan guwe. guwe make duit abang guwe sampe sebesar 70juta. sebagian besar dari semua itu untuk mengikuti trends jual beli saham yang sedang di sodorkan ke guwe.
awal mulanya guwe narok 49juta di account atas nama guwe. pialang saham guwe waktu itu adalah seorang wanita yang luar biasa ampe akhirnya guwe melakukan hal paling nekat yang pernah guwe lakuin [make duit orang tanpa bilang-bilang karena tergiur…]. 
pertama memang guwe dapet profit ampe lebih dari 50juta. lalu, setelah beberapa lama entah kenapa account guwe mengalami penurunan secara jumlah. penjelasannya saat itu adalah, tsunami yang terjadi saat itu bukan hanya mengenai guwe. cuman yg guwe inget adalah guwe terkena tsunami ampe 2 kali berturut turut dan lumayan gede. yg pertama melayang 9juta. yang kedua melayang 8 juta.
setelah beberapa lama guwe diberitakan lagi kabar yang kurang mengenakkan. katanya account guwe dibawah 20juta. dikatakan kalo guwe perlu buat injek dana untuk membuat account guwe fresh kembali.
injek pertama pun guwe lakuin, walopun guwe ga inget injek pertama guwe berapa.
sejak saat itu, feeling guwe selalu ga enak kalo mao nanyain nasip account guwe. walhasil guwe ga pernah nanyain account guwe tinggal berapa.
ketika akhirnya guwe memiliki keinginan untuk mengetahui nasip account guwe, guwe malah dapet berita yang semakin buruk. dikatakan bahwa account guwe di bawah 10juta. 
runtuh kaeknya impian guwe buat nyewa gedung berlantai dua buat guwe jadiin warnet di lante satu dan lante duanya guwe jadiin kantor.
setelah itu sekitar sebulanan guwe ditanyain bagaimana dengan kelanjutan account guwe.

akhirnya injek kedua guwe lakuin, walopun guwe juga ga inget injek kedua itu berapa.
setelah injek kedua guwe lakuin, guwe pun meminta tolong kepada seorang lelaki luar biasa untuk mengambil alih kegiatan jual beli saham guwe. dan guwe selalu meminta laporan setiap kali di lakukan transaksi.
pada jaman jaman ini pun guwe juga sedikit mengerti (sedikit) soal account guwe dan sebagainya. guwe seakan akan ngeliat grafik yang di ceritakan. dan guwe ngerasa account guwe mulai beranjak naik sedikit sedikit.
tapi ketika guwe mulai di sibukkan dengan hal lain, guwe ga ngeliat lagi keadaan account guwe.
ketika guwe bertanya bagaimana nasib account guwe, dikatakan bahwa jumlah account guwe tinggal 2,9juta rupiah.

semenjak saat itu, guwe selalu ngerasa pengen bunuh diri, kabur dari jakarta, kabur dari indonesia, kabur dari abang guwe, kabur dari keluarga guwe, kabur dari kehidupan guwe, pengen jadi gelandangan, pengen jadi rampok, pengen jadi penjahat, pengen jadi orang gila.

guwe jadi lebih sensitif dengan hal-hal yang berbau duit.

guwe selalu ngomong GUWE GA KE PLUIT.

di tambah lagi semenjak kejadian guwe jalan dari palmerah ke taman mini sekitar 4jaman. dunia guwe beneran runtuh sampai batas waktu yang guwe sendiri ga tau ampe kapan.

emosi guwe selalu labil, setiap hal negatif menghampiri guwe. air mata akan mengalir dengan mudahnya tanpa bisa guwe bendung.
AND I HATE THAT…
A LOT!!!
I HATE TEARS :((

kekasih guwe pun guwe selesaikan saat itu hubungannya karena guwe ngerasa sebagai orang yang ga berguna, sampah, bajingan, gak punya otak, gak pantas, ga tau guwe akan jadi apa ke depannya.

keputusan sepihak guwe saat itu walopun menyakiti diri guwe, pasti diri nya lebih tersakiti karena tanpa ada angin dan hujan kog jadi begini…

dan malam ini, bokap guwe menanyakan keberadaan uang yang telah guwe gunakan itu.

dan guwe musti balikin duit itu.

 

GUWE BUTUH 80 JUTA RUPIAH.
GUWE SIAP NGAPAIN AJAH.
ANYTHING !!!
021-9950 3283

 

 
44 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 11, 2008 in By Me

 

44 responses to “The Money

  1. Someone

    Oktober 12, 2008 at 12:31 am

    Ambil wudhu Bang..Shalat..semua masalah berasal dari Sana, dan Dia jugalah yang akan menyelesaikannya..Doa, mohon dikasih jalan..jika yakin dan tulus…Insya Allah pertolongan akan datang dari segala arah…Janji-Nya begitu…

     
  2. --------

    Oktober 12, 2008 at 12:47 pm

    jujur, bener ga bang tuh crita….
    maaf ya ga bisa bantu, cuma Allah yang sanggup bantu, minta hanya pada Allah

     
  3. hayukurniasih

    Oktober 12, 2008 at 1:45 pm

    dear Rai,
    turut prihatin dengan kejadian yang terjadi…sebagai adik yang juga mempunyai banyak hutang kepada abangnya, hal pertama yang mungkin dilakukan adalah merestrukturisasi hutang Rai.
    Rai bisa ngomong baik2 ke abangnya Rai agar diberi waktu untuk mencicil hutang, sebagai kepastian pemabayaran, Rai bisa bukain rekening khusus di bank yang akan menampung pembayaran hutang atas nama abangnya Rai. Tiap bulan Rai setor ke dalam rekening tersebut dan selama jangka waktu tertentu (misalnya 2 tahun) rekening tersebut tidak bisa diambil. Nanti pada saat jatuh tempo rekening, Rai bisa kasih seluruh uang yang ada dalam rekening ke abangnya Rai.
    Teknis pembayaran sebagaimana tersebut di atas benar2 saya laksanakan. Alhamdulillah, sudah lumayan terkumpul. Selamat mencoba…
    Rai, jangan lah kau jual harga dirimu untuk uang, semua ada jalan keluarnya…sabar ya…apalagi ini kan abangnya Rai, Insya Allah masih bisa dibicarakan.

     
  4. Datyo

    Oktober 13, 2008 at 9:04 am

    Tenang mas tenang…jangan panik…
    gak cuma sampeyan yang panik…
    Bilang aja sama abang sampeyan… Bang duit abang ilang karena gw goblok.. maap bang..tapi guwe tanggung jawab. Pasti gw balikin itu duit tapi perlu waktu ya bang..

    bilang aja sama abang pasti semua beres. si abang pasti bisa ngerti.

    Itu pacar juga jangan diputusin dong…kasihan.

    kalo mau berpikir positif, sampeyan beruntung lho pernah rugi sampe 70 juta. Gak semua anak muda udah berani buang duit segitu banyak. Artinya sampeyan dapat kesempatan untuk belajar bahwa bisnis itu memang sulit tapi gak boleh menyerah.

    Sekedar sharing, tahun 1996, saya juga pernah main valas dan ilang duit banyak, kalo dikurs sekarang sekitar 200jt-an. PAdahal ketika itu udah kawin dan punya 1 anak. itu duit nyarinya sampe berdarah darah…eh tiba tiba plas ilang dalam sekejab. Aku juga seperti orang gila ketika itu.
    But life must goes on….

    sungguh beruntung kalo hidup kita kalo pernah ngalamin yang naik turun seperti itu, dinamis gak statis…
    pengalaman seperti itu bakal bisa bikin kita kuat dan tangguh menghadapi kehidupan…

    salam kenal

     
  5. Miss J

    Oktober 13, 2008 at 11:15 am

    Dear siapapun namamu,

    Agak miris juga ya baca postingan ini, yach…berhubung sudah terlanjur, gue cuman bisa bilang: berdoa aja semoga elo bisa dapet duit itu.
    and please..don’t be so desperate. Are you willing to do anything for money?
    Sekedar saran, jangan berinvenstasi ke hal – hal yang siftnya gak stabil.

    Wish you all the luck in the world.

    ~ Miss J~

     
  6. don

    Oktober 13, 2008 at 12:13 pm

    men, sarannya hayu tuh, pake, gw mungkin ga bisa berbuat apa2, duit gw juga tiris, gw ga mau nguliahin elu yang enggak2 yang penting sim gw dah jadi (?!) aniwei, satu yang mo gw sampein, temen lu, cw lu, semua orang deket lu ada buat ngebantu lu, jangan malah elu singkirin…

    take care

     
  7. DwAN

    Oktober 13, 2008 at 12:31 pm

    Walaupun gw gak pernah ngalamin ngilangin ampe sebanyak itu, saran gw sama kaek saran hayukurniasih, ngomong baik2 sama abang lu ajah setidaknya dengan gitu bisa tenang sedikit dan ngumpulin duit untuk ngelunasinnya jadi lebih enteng ^_^.

     
  8. bayu200687

    Oktober 13, 2008 at 2:10 pm

    kenapa bro?
    serius nih?
    secara dia tuh kn abang loe, mestinya dia bisa ngertiin kondisi elo sekarang. itupun klo elo punya imej yang baek dimata abang loe.
    life must go on
    mintalah pada Alloh, niscaya akan dikabulkan
    ga semua permintaan loe dikabulkan, tapi kebutuhan loe pasti terpenuhi
    manusia ga akan mati sebelum disempurnakan rezekinya

     
  9. yessymuchtar

    Oktober 13, 2008 at 3:19 pm

    Semoga cepet selesai ya masalahnya…

     
  10. Odie

    Oktober 13, 2008 at 5:18 pm

    cobaan tuh om…
    tawaqal ajah, gak mungkin Tuhan kasi cobaan kepada hambanya yang gak mampu..
    om rian pasti mampu kog…
    bakal ada jalan…
    terus berjuang om…

     
  11. Bunda

    Oktober 13, 2008 at 8:04 pm

    Sekarang gmana khabarnya..dah 3 hari g posting…biasanya saban hari…jadi rada khawatir nih…

     
  12. wyd

    Oktober 14, 2008 at 9:04 am

    yah si om ga fair banget… utang 70 juta tapi pinginnya punya 80 juta. yang 10 juta buat apaan, om???

    and… siap ngapain aja??? yang bener??? sorry becanda ga dilarang kan walau lagi down???

    ok deh gw serius sekarang…
    masih mending lo mesti balikin duit yang emang lo pake meski tanpa ngomong duluan. paling ga kan emang lo harus bertanggung jawab sama apa yang telah dilakukan. cara bayarnya? dicicil. hari ini menang, ambil dikit lalu bayar. jangan pernah berpikir bahwa tanggung deh, mending pake modal banyak menangnya kan banyak juga, jadi bisa ngelunasin sekaligus. jangan deh! gw doain masalahnya bisa kelar (kalau cepet kelar kayaknya agak2 impossible yah)

    mungkin lo lebih baik abis baca ini: gw pernah harus balikin duit 30 juta padahal DP yang gw terima cuma 15 juta. cuma karena gw ga nyetor kerjaan tepat waktu gara2 koneksi internet mati satu kota!

     
  13. bloGEsam

    Oktober 14, 2008 at 10:49 am

    Wahhh… turut berduka deh… duit segitu banyak pasti gak bisa langsung dapet dalam sekejab!

    BTW, setuju ama Wyd, utangnya 70 jt, tapi kok butuhnya 80 jt ???? yang 10 jt buat usaha lg ???

    Yang penting terus berusaha, bekerja, berdoa dan tetep semangat!!!

     
  14. itha

    Oktober 14, 2008 at 12:46 pm

    Aduh bang,jangan merasa paling sengsara di dunia dunk…dulu bokap saya juga pernah main di saham tepatnya hangseng saat itu di loss 50jt, uang itu rencana buat biaya kuliah adikku,untungnya adikku bisa diterima di PTN yang tidak menghabiskan biaya.Tapi intinya ini,kita kan ga boleh menyerah ataupun putus asa. Bokap gue diajak main lagi oleh tradernya lagi sumpah serapah bokap gue keluarkan buat tradernya itu dia sdh ga mau dengar penjelasan lagi,tapi trader itu terus2 memberi keyakinan bahwa itu pure bisnis,sampai ga tahu gimana cara trader itu meyakinkan bokap gue. bokap gue mau lagi mencoba dengan uang dari hasil hutang(gila kan?) dengan modal yang 3 x lipat bokap gue main lagi di saham,tapi its wonderful bener2 dlm 3 bulan bokap gue sdh jadi orang terkaya di dunia hehehehe,hutang lunas beli mobil sampai tetangga bingung uang darimana? dikira bokap gue nyupang,inilah indah pada akhirnya. Gue cuma berkesimpulan kalau kita main di saham modalnya harus gedhe karena kalau kecil duit kita akan habis…dan jangan salahkan bisnis ini bang.Gue ga berkecimpung di bisnis ini tapi gue merasakan hasil dari bisnis ini….sekarang babe gue tetap main dari hasil keuntungan…bang jangan putus asa.

     
  15. nasser

    Oktober 14, 2008 at 2:18 pm

    walah… kasus si om, yg sabar yee…
    jgn gegabah, teteup optimis dan berpikir jernih…
    semoga semuanya selesai dengan baik…

     
  16. indohotspot.net

    Oktober 14, 2008 at 2:35 pm

    wah..korban keganasan bursa..

    semua pasti ada jalannya . . .

     
  17. sinaimoet

    Oktober 14, 2008 at 5:05 pm

    Abang…

    Mulailah meniti kembali semuanya dari nol.. kerjakan apa yang bisa dikerjakan secara baik. Maaf, ternyata gw ga ngerti apa2 yang sedang loe alamin sampai detik ini, tp percaya bang ma gw loe bisa ngelewatin semua ini. Gw setuju bgt ma saran hayu..

    Gw juga punya utang ma bank sebesar 81 jt dan gw cicil tiap bulan.

    loe pun bisa melakukan hal yang sama dengan mencicil uang, dan ga bisa langsung selesai hari itu juga.. loe butuh waktu dan proses..

    langkah pertama adalah loe jujur ma abang loe.. dan loe mesti punya keinginan kuat buat ngebalikin tuh duit. Dan loe punya target kapan loe bisa lunasinnya.

    Gw yakin dengan semua kemampuan yang loe punya,dan apa yang bisa gw bantu untuk meringankan beban loe ?

     
  18. seseorang

    Oktober 14, 2008 at 8:28 pm

    Re,
    pertama, coba resapi kata-katanya Someone, berserahlah sama yang diatas.. pasrah, legowo, dan mohon dikasih jalan.

    kedua, ikutin Datyo – ngaku aja ke kakak & ortu smua kjadian-kjadiannya, gak pake bohong. wong keluarga sendiri koq. jgn pake nyolot juga. harus mau terima di damprat.

    ketiga: dengerin hayukurniasih, bikin account yang nggak akan lu ganggu gugat, dan berdarah-darah-lah buat bayar utanglu itu.. meski itu duit anggota keluargalu, idealnya tetep aja lu wajib bayar (yah serah juga sih)

    lalu, terakhir tinggal berusaha nyari duitnya deh.
    – klo 80jt dalam sehari semalam, gw gak tau
    – tp klo 80jt dalam 3-4bulan, itu guampaanngg. no risk.

    caranya? lihat sekelilinglu
    – coba pikir, apa aja yg lu udah pelajari dari kuliah
    – coba pikir, apa gunanya lu skrg udh nyampe S2?
    – coba pikir, anak binus mana yg gak kenal Re?
    – coba pikir, siapa orang yp paling gesit, ceria dan ulet di L**tro*g???

    dari bikin website, makelar jualbeli motor mobil, bikin desain keren buat kaos distro, dll dll, banyak bgt koq yg bs dpt return spektakuler, diluar kerja swasta tentunya, jgn malu main ngeteng.

    ps: putus dengan kekasihmu gak akan menolonglu berpikir lebih fokus, trust me. we men are idiots. we get distracted easily

    jangan maen Dota mulu dan mulai berpikir. act real. 9227 6134

     
  19. seseorang

    Oktober 14, 2008 at 8:38 pm

    ps: klo mo ‘kabur’ + refresh your mind + bayar utang..
    lamar aja tuh di milis yg kita ikuti bareng ituh yg requirementnya biasa2 ajah ituh tapi bergaji US$ 6.500,- (dah terbukti ada koq yang bs kerja di negara tmn gw, meski ‘cuman’ US$ 5.000-an + accomodation allowance)

     
  20. amrilarifin

    Oktober 15, 2008 at 12:02 am

    Asslm Bos … yang pertama adalah kita LAKI-LAKI, mari berbuat dan menyelesaikannya dengan cara Laki-Laki, tidak dengan lari, stress, atau bahkan menghalalkan segala cara … jalan pertama tentu kita harus bertangungjawab, Syukurlah itu masih duit abang, artinya berbicara dengan kekeluargaan tentu bisa dilakukan, sehingga anda bisa jamin akan dibayar, namun dengan tempo … anggap ajalah anda kredit pada abang anda dana itu, … selanjutnya cobalah mencari tambahan yang halal tentu saja, … selanjutnya pasrahkan kepada Tuhan YME, … Kejadian ini adalah pelajaran, bisnis ya begitu, ada naik dan turunnya … Succes ya Bro ….

     
  21. Rifai

    Oktober 15, 2008 at 3:53 am

    gw gak tau mesti ngomong apaan..
    turut simpati, duit segitu juga termasuk gede bgt buat gw.

    gw doain aja masalah loe cepet beres..

     
  22. nochan

    Oktober 15, 2008 at 8:59 am

    jangan putus asa ya re,,ayo bangkit lagi!! ^_^

     
  23. nyun

    Oktober 16, 2008 at 8:50 am

    re…
    jgn mpe lo mau lakuin ‘apa aja’ dong men…
    think straight!! tenang, terus berdoa, coba ngomong baik2 dulu ma si abang, slama jalan n niatnya positif insya ALlah akan slalu diridhoi
    pasti ada jalan, usul2 diatas reasonable ko buat kondisi lo skrg.
    smangat yaaa🙂

     
  24. hidayat

    Oktober 16, 2008 at 3:41 pm

    hey..selamat kamu dapat PR dari Hidayat/…
    tugasnya lihat di blog q (mencari ketenangan)..
    met bekerja ya

     
  25. Dalila Sadida

    Oktober 17, 2008 at 9:38 am

    bangkit! harapan itu masih ada! *dilempar batu*
    masalahnya saya juga ga punya uang sebanyak ituh😦

     
  26. pengendara

    Oktober 17, 2008 at 2:48 pm

    bersabarlah,
    setiap orang punya cerita sedihnya masing-masing,
    mungkin ada yang lebih parah dari ini,
    sabar ya,

     
  27. Barried

    Oktober 18, 2008 at 2:11 pm

    Yang tabah ya bang..🙂
    ikutan kuis2 aja deh, klo beruntung kan lumayan.

     
  28. reekoheek

    Oktober 18, 2008 at 2:27 pm

    Award menanti anda di http://reekoheek.wordpress.com/

     
  29. Icha

    Oktober 21, 2008 at 12:08 pm

    sabar yah mas, turut prihatin walaupun ga bisa membantu… semoga masalahnya dapat jalan keluar dengan segera, eh iyah jernihkan pikiran sebelum mengambil tindakan selanjutnya, jangan sampai kecebur…

     
  30. toba

    Oktober 22, 2008 at 7:09 am

    Sekarang buruan kerja, terus bilang kakak lo, itu bakal lo cicil dari gaji lo.

     
  31. Pakde

    Oktober 22, 2008 at 5:22 pm

    Bro….!
    Are you kidding????
    Kalau serius…sabar ya…ini hanya cobaan kecil atas keteledoran diri sendiri. Masih banyak cara positif untuk melunasi hutangmu. apalagi itu abang loe…masak iya abang loe bisa tega sama adeknya sendiri harus ngembaliin duitnya dalam sekejap. Dia tahu nggak kalo loe lagi pailit?
    Maaf banget bro…gw nggak bisa bantu.

     
  32. ......

    Oktober 23, 2008 at 12:02 pm

    dimana pun kamu saat ini..semoga dalam keadaan sehat dan sabar..
    it’s been 13th days bro..we miss u’r new post…

     
  33. sinasser

    Oktober 28, 2008 at 11:12 am

    dimana dirimu nak???
    semoga baik2 saja yah
    aku kangen… hiks!

     
  34. elyas

    November 8, 2008 at 4:10 pm

    yaelah….jangankan duit 80 juta…. 5 rb aja gw masih susah… gawat kalo adek gw kaya si nyurian ini….. gw gaplokin…ato gw masukin penjara mungkin

     
  35. yantox

    November 8, 2008 at 5:22 pm

    wow

     
  36. sippaganteng

    November 9, 2008 at 7:04 am

    gimana kabarnya om?

    rindu tulisan om

    cepet selesai ya masalahnya =(

     
  37. risma bayu putra

    November 18, 2008 at 10:20 am

    Wah baru tau g rai, g turut sedih, sabar ya rai, mungkin g gak bisa bantu apa2 nih rai, itu duit gede banget ya, wajar kl l stres berat, tapi pasti ada hikmah, asal l mau intropeksi, sekedar saran mungkin aja l kurang dekat dengan yang maha kuasa, disini titik baliknya rai, untuk berubah lebih dekat dengan yang maha kuasa, jangan malah berbuat yang macem2 ya rai, selain itu coba lah usaha yang emang l kuasai rai, trus pelan2 dicicil utangnya abang, gimana caranya, l paling tau lah, g hanya bisa mengucap sabar ya rai, g doakan masalah l cepet selesai, AMIN.

     
  38. tentangrifai

    November 21, 2008 at 12:05 am

    gimana nihh akhirnya..?

    ditunggu perkembangannya bro…

     
  39. anggavantyo

    November 22, 2008 at 6:41 pm

    aduh bingung mau komen apa ;?
    yang pasti tetep usaha yaa

     
  40. Hazel Jones

    Desember 5, 2008 at 12:27 pm

    Hi,

    I’m Hazel Jones and I work in a company interested in blog advertising. I found your blog engaging and I’m contacting you to ask if you are interested in blog post sponsorship.

    If you are interested, kindly mail back at teamcasino[at]dcemail[dot]com, indicating your blog for reference, and I’ll send you back pricing details, guidelines and processes. Looking forward to doing business with you.

    Sincerely,

    Hazel Jones

     
  41. curly

    Desember 7, 2008 at 11:00 pm

    finally, I know about the story.;)..yang sabar ya yan,pasti ada hikmah dibalik ini smua..yang penting saat ini, hal utama yang musti dilakuin adalah tetap berdoa kepada Yang Maha Kuasa dan sabar selalu..smoga dengan itu, dirimu dapat ditunjukan jalan yang terbaik oleh-Nya suatu saat nanti.amin.I’ll always pray for u my lovely friend.

     
  42. ratih

    Desember 8, 2008 at 8:53 pm

    Re… jujur gw ga tau harus ngomong apa & gw bingung harus gimana… tapi yang sekarang lw musti, kudu, harus, Must, & wajib lw lakuin adalah BERDOA & BERUSAHA dan serahin hasilnya ma Sang Pemilik Hidup…
    Inget Re… DIA TIDAK TIDUR!!
    Banyak yang ngasih lw saran bahkan kerjaan dicoba ajah.. ga ada salahnya kan?
    tapi yakin lw mw ngelakuin apa ajah?
    becareful to what u wish for honey…
    Qta semua mau banget & siap ngebantu lw, jangan pernah lw lupa akan hal itu…
    semoga masalah ini cepat selesai..
    Gw selalu berdoa bwt lw…

     
  43. hidayat

    Desember 11, 2008 at 7:39 pm

    tuh kan nyurian uang banyak sekali..
    ckckckkkk

     
  44. jeunglala

    Desember 16, 2008 at 11:23 pm

    Asal jangan melakukan pekerjaan dengan cara cepat lagi, ya…
    Karena iming-iming untuk easy money dengan cara yang malah menimbulkan dosa, tidak akan menyelesaikan masalah tapi malah menumbuhkan satu masalah baru..

    I couldn’t help you.
    But be strong, yah…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: