RSS

Arsip Tag: air

Berhentilah jadi gelas

gelasDikisahkan, ada seorang guru sufi yang mendatangi seorang muridnya ketika wajahnya
belakangan ini selalu tampak murung..

sang guru : “Kenapa kau selalu murung, nak? Bukankah banyak hal yang indah di
dunia ini? Ke mana perginya wajah bersyukurmu?”

si murid : “Guru, belakangan ini hidup saya penuh masalah. Sulit bagi saya untuk
tersenyum. Masalah datang seperti tak ada habis-habisnya”.

sang guru : (terkekeh). “Nak, ambil segelas air dan dua genggam garam.
Bawalah kemari. Biar kuperbaiki suasana hatimu itu.”

Si murid pun beranjak pelan tanpa semangat. Ia laksanakan permintaan
gurunya itu, lalu kembali lagi membawa gelas dan garam sebagaimana yang diminta. Read the rest of this entry »

Iklan
 
18 Komentar

Ditulis oleh pada September 28, 2009 in internet

 

Tag: , , , , , , ,

Minumlah Air Sebanyak Mungkin

Ada satu pertanyaan yang masuk ke mailbox saya (bukan email guwe niy… aseli guwe nemu dari email. guwe gak mungkin dah bisa se cerdik inih), yaitu “Mengapa harus minum air putih banyak-banyak. .?”

Minum Air

Minum Air

Well, sebenarnya jawabannya cukup “mengerikan” tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sbb:

Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air.

Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah:
Otak dan Darah. !!

Read the rest of this entry »

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 15, 2009 in internet

 

Tag: , , , , , ,

MANAJEMEN WAKTU

Jam Pasir

Jam Pasir

Suatu hari, seorang ahli ‘Manajemen Waktu’ berbicara di depan sekelompok mahasiswa bisnis, dan ia memakai ilustrasi yg tidak akan dengan mudah dilupakan oleh para siswanya.

Ketika dia berdiri dihadapan siswanya dia mengeluarkan toples berukuran galon yg bermulut cukup lebar, dan meletakkannya di atas meja.

Lalu ia juga mengeluarkan sekitar selusin batu berukuran segenggam tangan dan meletakkan dengan hati-hati batu-batu itu kedalam toples.

Ketika batu itu memenuhi toples sampai ke ujung atas dan tidak ada batu lagi yg muat untuk masuk ke dalamnya, dia bertanya: ” Apakah toples ini sudah penuh?”

Semua siswanya serentak menjawab, “Sudah!” Kemudian dia berkata, “Benarkah?”Dia lalu meraih dari bawah meja sekeranjang kerikil. Lalu dia memasukkan kerikil-kerikil itu ke dalam toples sambil sedikit mengguncang- guncangkannya, sehingga kerikil itu mendapat tempat diantara celah-celah batu-batu itu. Read the rest of this entry »

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 7, 2009 in internet

 

Tag: , , , , , , ,

Air di Rumah Guwe

Proses Pengeboran Air

Proses Pengeboran Air

sialan…

aer di rumah guwe kering.

katanya siy kekeringan. pas ngecek, ternyata tempat guwe ngambil aer cuman 9 meter. air dangkal degh.

trus, mao di bor lagi baru bikin 60 meter.

udeh dikerjain 2 hari dengan guwe bulak balik ke mesjid buat ngambil aer.

ternyata di akhir hari ke dua, dikatakan bahwa batangannya ada yg patah di tengah. katanya sih karena di 40-50an meter ituh ketemu batu. trus kalah.

udah di coba siy buat ngangkat batang yg patah itu, tapi gagal. katanya udah kelamaan, jadi berat karena ude kemasukan aer juga…

jadinya proses pengeboran aer di extend ampe batas waku yang belon di tentuin. paling cepet 2 hari. tapi, kalo patah lagi… yyyaaahhh… menghitung hari degh…

HHHHAAAAAAGGGGGHHHHHH…… guwe kesel !!!

 
21 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 5, 2008 in By Me

 

Tag: , , , , ,

Hati yang Luas

Suatu ketika, hiduplah seorang tua yang bijak. Pada suatu pagi, datanglah seorang anak muda yang sedang dirundung banyak masalah. Langkahnya gontaidan air muka yang ruwet. Pemuda itu, memang tampak seperti orang yang tak bahagia.Pemuda itu menceritakan semua masalahnya. Pak Tua yang bijak mendengarkan dengan seksama. Beliau lalu mengambil segenggam garam dan segelas air. Dimasukkannya garam itu ke dalam gelas, lalu diadukperlahan. “Coba, minum ini, dan katakan bagaimana rasanya, “ujar Pak tuaitu.”Asin. Asin sekali, “jawab sang tamu, sambil meludah kesamping. Pak Tua tersenyum kecil mendengar jawaban itu.

Hati yang Luas
Hati yang Luas

Beliau lalu mengajak sang pemuda ke tepi telaga di dekat tempat tinggal Beliau. Sesampai di tepi telaga, Pak Tua menaburkan segenggam garam kedalam telaga itu. Dengan sepotong kayu, diaduknya air telaga itu. “Coba,ambil air dari telaga ini dan minumlah.” Saat pemuda itu selesai mereguk air itu, Beliau bertanya, “Bagaimana rasanya?”. “Segar,” sahut sang pemuda. “Apakah kamu merasakan garam di dalam air itu?” tanya Beliau lagi. “Tidak,” jawab si anak muda. Dengan lembut Pak Tua menepuk-nepuk punggung si anak muda. Read the rest of this entry »

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada September 30, 2008 in internet

 

Tag: , , , , , , ,

Gelas Dengan Air Setengah

penjelasan soal hal beginian ada banyak banget di internet. elo tinggal tarok ajah kata katanya di search engine. BAAM, begitu doang bakalan nongol banyak penjelasan tentang hal itu. kalo sepengetahuan guwe. contoh pertanyaannya begini nih:

“ada sebuah gelas terisi dengan air setengahnya. apakah yang akan kalian katakan?”
a. Airnya tinggal setengah.
b. Airnya masih setengah.

bagi yang menjawab A dengan kata kunci tinggal, maka mereka adalah termasuk pada golongan PESIMIS. bagi yang menjawab B dengan kata kuncil masih, maka mereka adalah termasuk pada golongan OPTIMIS.

soal tadi merupakan salah satu contoh sederhana untuk mengetes sisi optimis dan pesimis manusia. dalam artian ke arah manakah kecenderungannya. orang pesimis cenderung merasa negatif, tidak berguna, minder, selalu berprasangka buruk dan lain sebagainya yang memperlihatkan frekuensi / aura negatif. sedangkan orang optimis cenderung merasa positif, merasa berguna, memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, berprasangka baik`dan lain sebagainya yang memperlihatkan frekuensi / aura negatif.

kenapa kita sebaiknya memiliki kecenderungan optimis dibandingkan pesimis. karena ketika kecenderungan pesimis menguat maka kinerja individu akan akan sangat terpengaruhi, sulit untuk fokus, memikirkan hal lain yang belum tentu urusannya akan mempengaruhi kinerja. sulit untuk fokus, bahkan berpotensi untuk menulari individu sekitar dengan aura pesimisnya sehingga orang lain yang tadinya tidak pesimis, tapi karena telah terinfeksi oleh sang pesimis. bandingkan ketika kecenderungan optimis yang menguat. indiviu ini akan memberikan hawa damai kepada siapapun yag melihatnya, senang memberi semangat kepada yang lain, cepat menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan dan cenderung memberikan hasil yang baik.

tiap manusia bebas memilih kecenderungan mana yang akan di gunakan pada moment apa. setiap pilihan pasti ada konsekuensi. tinggal pilih dan nikmati lah hasilnya.

sebenernya ada satu kecenderungan lagi yaitu REALISTIS. yang ketika dihadapkan dengan soal yang sama, akan menjawab Ada Air Di Dalam Gelas.

kalo guwe sendiri bakalan milih jadi orang Realistis. tapi kalo ga disuruh milih, guwe mah default-nya Optimis. soalnya kenapa? soalnya Pesimis itu ngerusak otak (*ngaco)

persi baratnya nih:

Definition of a pessimist: “I see the glass as half empty!”
Definition of a optimist:
“I see the glass as half full!”
Definition of a realist: “I see a glass with water in it.”

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 30, 2008 in Uncategorized

 

Tag: , , , ,

Air Dapat Mendengar

“Ternyata air dapat mendengar”
Dan Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup.” (Q.S. Al Anbiya:30)

Dalam kitab-kitab tafsir klasik, ayat tadi diartikan bahwa tanpa air semua akan mati kehausan. Tetapi di Jepang, Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama dengan tekun melakukan penelitian tentang perilaku air. Air murni dari mata air di Pulau Honshu didoakan secara agama Shinto, lalu didinginkan sampai -5oC di laboratorium, lantas difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi. Ternyata molekul air membentuk kristal segi enam yang indah. Percobaan diulangi dengan membacakan kata, “Arigato (terima kasih dalam bahasa Jepang)” di depan botol air tadi. Kristal kembali membentuk sangat indah. Lalu dicoba dengan menghadapkan tulisan huruf Jepang, “Arigato”. Kristal membentuk dengan keindahan yang sama. Selanjutnya ditunjukkan kata “setan”, kristal berbentuk buruk. Diputarkan musik Symphony Mozart, kristal muncul berbentuk bunga. Ketika musik heavy metal diperdengarkan, kristal hancur.

Ketika 500 orang berkonsentrasi memusatkan pesan “peace” di depan sebotol air, kristal air tadi mengembang bercabang-cabang dengan indahnya. Dan ketika dicoba dibacakan doa Islam, kristal bersegi enam dengan lima cabang daun muncul berkilauan. Subhanallah. Dr. Emoto akhirnya berkeliling dunia melakukan percobaan dengan air di Swiss, Berlin, Prancis, Palestina, dan ia kemudian diundang ke Markas Besar PBB di New York untuk mempresentasikan temuannya pada bulan Maret 2005 lalu. Ternyata air bisa “mendengar” kata-kata, bisa “membaca” tulisan, dan bisa “mengerti” pesan. Dalam bukunya The Hidden Message in Water, Dr. Masaru Emoto menguraikan bahwa air bersifat bisa merekam pesan, seperti pita magnetik atau compact disk.

Semakin kuat konsentrasi pemberi pesan, semakin dalam pesan tercetak di air. Air bisa mentransfer pesan tadi melalui molekul air yang lain. Barangkali temuan ini bisa menjelaskan, kenapa air putih yang didoakan bisa menyembuhkan si sakit. Dulu ini kita anggap musyrik, atau paling sedikit kita anggap sekadar sugesti, tetapi ternyata molekul air itu menangkap pesan doa kesembuhan, menyimpannya, lalu vibrasinya merambat kepada molekul air lain yang ada di tubuh si sakit.

Tubuh manusia memang 75% terdiri atas air. Otak 74,5% air. Darah 82% air. Tulang yang keras pun mengandung 22% air.

Air putih galon dirumah, bisa setiap hari didoakan dengan khusyu kepada Allah, agar anak yang meminumnya saleh, sehat, dan cerdas, dan agar suami yang meminum tetap setia. Air tadi akan berproses di tubuh meneruskan pesan kepada air di otak dan pembuluh darah. Dengan izin Allah, pesan tadi akan
dilaksanakan tubuh tanpa kita sadari. Bila air minum di suatu kota didoakan dengan serius untuk kesalehan, insya Allah semua penduduk yang meminumnya akan menjadi baik dan tidak beringas.

Rasulullah saw. bersabda, “Zamzam lima syuriba lahu”,

“Air zamzam akan melaksanakan pesan dan niat yang meminumnya”.

Barangsiapa minum supaya kenyang, dia akan kenyang.

Barangsiapa minum untuk menyembuhkan sakit, dia akan sembuh. Subhanallah … Pantaslah air zamzam begitu berkhasiat karena dia menyimpan pesan doa jutaan manusia selama ribuan tahun sejak Nabi Ibrahim a.s.

Bila kita renungkan berpuluh ayat Al Quran tentang air, kita akan tersentak bahwa Allah rupanya selalu menarik perhatian kita kepada air. Bahwa air tidak sekadar benda mati. Dia menyimpan kekuatan, daya rekam, daya penyembuh, dan sifat-sifat aneh lagi yang menunggu disingkap manusia. Islam adalah agama yang paling melekat dengan air. Shalat wajib perlu air wudlu 5 kali sehari. Habis bercampur, suami istri wajib mandi. Mati pun wajib dimandikan. Tidak ada agama lain yang menyuruh memandikan jenazah, malahan ada yang dibakar. Tetapi kita belum melakukan zikir air. Kita masih perlakukan air tanpa respek. Kita buang secara mubazir, bahkan kita cemari. Astaghfirullah.

Seorang ilmuwan Jepang telah merintis. Ilmuwan muslim harus melanjutkan kajian kehidupan ini berdasarkan Al Quran dan hadis.

Wallahu a’lam …

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 14, 2008 in internet

 

Tag: , , , , , , , , , ,

 
%d blogger menyukai ini: